Senin, 18 April 2011

Bagian-bagian Drums

Bagian-bagian Drum
Drum merupakan alat musik yang secara fisik mempunyai bagian yang terpisah, akan tetapi merupakan satu rangkaian yang disebut dengan istilah Drumset. Berikut ini akan dijelaskan bagian-bagian dari drum.

Snare Drum.
Snare Drum merupakan salah satu bagian utama dari drum dan yang paling sering dimainkan. Posisinya paling dekat dengan pemain. Diameternya biasanya berukuran 10-15 inci, tetapi yang sering digunakan adalah ukuran 14". Yang membedakan antara snare drum dengan tom-tom adalah selain bentuknya lebih pendek, pada bagian bawahnya menggunakan kawat-kawat yang berbentuk spiral(snare wire). Jika anda pukul head atas snare drum maka snare wire dibawah segera merespon, dengan cara memukul kembali head bawah sehingga menghasilkan suara yang tajam. Maka dari itu, sebenarnya 'nyawa' dari snare drum terletak pada snare wirenya. Jika snare wirenya dilepas maka suara yang dihasilkan hampir sama dengan tom-tom

Cymbal
Cymbal merupakan salah satu bagian yang terpenting pada drum. Cymbal terbuat dari logam kuningan yang kualitas kekuatannya sudah terjamin dan warna suara yang dihasilkan sangat cocok untuk digunakan dalam bermain drum. Sebenarnya banyak sekali macam ragam jenis cymbal, tetapi secara garis besar terdapat tiga jenis cymbal yaitu:

Ride Cymbal
Cymbal ini bentuknya besar, digunakan untuk pengganti/ variasi setelah hi-hat. Disebut juga medium cymbal,berukuran diameter kira-kira 20 “. Jenis cymbal ini memungkinkan untuk digunakan teknik pukulan top cymbal, ride cymbal dan cress cymbal.

China Cymbal
Cymbal ini bentuknya juga besar namun pada bagian pinggirnya menonjol. Berukuran sekitar 16”-18” dan terdiri dari dua pukulan yaitu: Ride cymbal dan Cress cymbal.
Flash Cymbal
Bentuknya kecil, biasa digunakan untuk pukulan Cress. Berukuran diameter kira-kira 10”.
Hi-Hat
Hi-hat merupakan bagian dari drum yang terdiri dari dua buah piringan yang saling berhadapan. Bahan sama dengan cymbal terbuat dari logam kuningan. Bunyi hi-hat diperoleh dari benturan kedua buah piringan dengan cara menginjak pedal hi-hat dibagian bawah. Lihat gambar dibawah ini.
Tom-Tom
Tom-tom merupakan salah satu bagian utama dari drum. Tom-tom berbentuk seperti gendang. Tom-tom terdiri dari berbagai macam ukuran, diameternya mulai dari 6-12 inci. Ukuran suatu drum biasnya ditulis 12x10 yang maksudnya adalah kedalamannya 12 inchi dan diameternya 10 inchi. Diameter tom-tom bervariasi, biasanya tom-tom paling kecil berdiameter 6", dan berlanjut ke 8", 10", 12", 13", 14", 15", 16", 18" dan 20". Ukuran tom-tom 14" keatas dapat digolongkan sebagai floor tom-tom, tetapi tergantung dari peletakannya juga. Biasanya yang kecil disebut small tom-tom, dan yang paling besar disebut large tom-tom/ floor tom-tom. Tom-tom memiliki dua drumhead ( selaput gendang ), atas dan bawah. Badan tom-tom terbuat daru kayu yang biasa disebut Shell
Bass Drums.
Bass drum merupakan alat seperti tom-tom, tetapi ukurannya lebih besar, bunyi suaranya lebih berat dan bernada paling rendah dibanding dengan alat drum yang lainnya. Kayu bass drum lebih kuat dan lebih tebal dibanding dengan tom-tom, karena untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan lebih berat,serta untuk kekuatan bass drum itu sendiri. Bass drum mempunyai diameter yang lebih besar dari pada tom-tom, yaitu 16", 18", 20", 22", 24" dan bahkan 26" atau lebih
Stick Drum
Stick merupakan alat pemukul pada drum yang terbuat dari kayu. Stick terdiri dari dua buah dengan bentuk yang sama, satu dipegang tangan kanan dan satunya untuk tangan kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar