Rabu, 24 Februari 2010

SOSISALISASI DAN PEMUDA

SOSISALISASI DAN PEMUDA
Sosialisasi dapat diartikan sebagai proses belajar seorang masyarakat untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai masyarakat tempat ia menjadi anggota sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berprilaku sesuai dengan tuntutan atau prilaku masyarakat.
Berdasarkan pengertian sosialisasi diatas maka dapat dijabarkan sebagai berikut :
Sosialisasi ditempuh seorang individu melalui proses belajar untuk memahami,menghayati,menyesuaikan dan melaksanakan suatu tindakan sosial yang sesuai dengan pola prilaku masyarakatnya .
Sosialisasi ditempuh soerang individu secara bertahap dan berkesinambungan, sejak ia dilahirkan hingga akhir hayatnya.
Sosialisasi erat dengan enkulturanatau proses pembudayaan , yaitu suatu proses pembelajaran dari seorang individu untuk belajar mengenal,menghayati, dan menyesuaikan diri, pikiran, serta sikapnya terhadap sistem adat, norma, nilai, seni, bahasa, agama, yang ada pada linggkungan masyarakatnya.
Pemuda adalah seoarng pria atau wanita yang berumur 17 sampai 45 keatas dapat diartikan sebagai pemuda, jika kita dengar kata pemuda pastinya selalu ingat dengan sumpah pemuda. Jika kita lihat ada hubungan antara sosialisasi dengan pemuda. Sosialisasi sangat di perlukan bagi pemuda karena, sosialisasi bisa berperan sebagai pembentuk seseorang jikalau ia sudah dewasa nanti. Sosialisasi bagi pemuda sangat di perlukan, selain sebagai pembentuk sosialiasi juga berguna agar para pemuda tahu akan adat, norma, nilai, seni, bahasa, agama, yang ada pada linggkungan masyarakatnya.
Kesimpulannya Sosialisasi sangat diperlukan bagi para pemuda zaman sekarang tetapi sosialisasinya pu jangan terlalu berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar